Suatu hari seorang anak menemukan hewan semacam penyu yang lebih dikenal sebagai kura-kura. Ia mulai mencoba mengamatinya lebih jauh, namun kura-kura tersebut segera memasukkan kepala ke dalam cangkangnya kemudian menutupnya seolah sedang menghadapi situasi buruk. Anak itu terkejut dan mengambil sepotong kayu untuk membuka paksa cangkang tersebut. paman si anak yang melihat semua kejadian ini menjerit,

“jangan! Itu bukan cara yang benar! Sebenarnya kau hanya akan membunuhh kura-kura itu, tapi kau tidak akan bisa mulai membuka cangkangnya dengan kayu itu.”
Sang paman kemudian mengambil kura-kura itu lalu membawanya ke dalam rumah dan meletakkannya di dekat perapian. Semula tidak terjadi apa-apa, namun beberapa menit kemudian, kehangatan mulai terasa. Perlahan Si kura-kura mengeluarkan kepalanya dan mengulurkan kaki-kakinya lalu mulai merayap.
“semua kura-kura seperti itu,” kata sang Paman, “dan manusia juga. kau tidak akan bisa memaksa mereka untuk apapun juga. Tapi jika kau terlebih dahulu menghangatkan mereka dengan kebaikan yang tulus, sangat besar kemungkinan mereka akan menuruti kehendakmu dengan ikhlas pula.”