Budaya perayaan Valentine’s day memang bukan berasal dari negeri kita, tetapi oleh karena seperti biasa, sebagian besar masyarakat kita adalah pakar dalam hal peniruan/penjiplakan (ikut-ikutan), maka tidak heran jika banyak kebudayaan asing yang terserap begitu kentalnya dalam budaya kita, termasuk Valentine’s day yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Ada berbagai macam versi tentang asal mula perayaan Valentine, baik yang positif, maupun yang negatif. Saya sebagai the positive thinker tentunya cenderung mempercayai yang positif. Dalam setiap moment perayaan Valentine’s day, hadiah yang paling umum adalah bunga, coklat, dan berbagai item yang berbentuk/bermotif hati. Dalam tulisan ini akan dibahas sedikit mengenai sejarah Valentine dan beberapa makna yang tersimbol dalam warna-warna tertentu dari bunga yang sering dihadiahkan. Bagi Anda yang sudah tahu sebelumnya, silahkan dicek lagi, dan bagi yang belum tahu, semoga ini bermanfaat dan dapat membangun comfort zone dalam hidup Anda. *maksa bgt ya…* hahaha…

Valentine telah tiba, hari berbagi kasih dengan pasangan, teman, sahabat, keluarga ataupun orang-orang yang membutuhkan belas kasihan kita. Sebenarnya Valentine sendiri adalah salah satu peninggalan budaya kerajaan Romawi yang selalu untuk mengenang Santo Valentine yang telah mengorbankan dirinya untuk mempersatukan cinta.
Saat itu Kaisar Claudius II memerintahkan membatalkan setiap pertunangan dan pernikahan namun Santo Valentine menikahkan pasangan-pasangan dari Romawi secara diam-diam maka Santo Valentine disiksa dan dibunuh pada tanggal 14 Februari.
Sehingga untuk mengenang jasa dan pengorbanannya maka para pastor Romawi menentukan tanggal 14 Februari sebagai hari Santo Valentine atau sekarang dikenal dengan nama Hari Valentine.
Saat pertengahan bulan Februari banyak orang sibuk mencari kado. Setiap tahun kita sibuk mencari kado yang tepat untuk pasangan atau kekasih kita atau untuk orang lain yang kita kasihi.
Saat kita akan memberikan kado pada pacar atau kekasih kita, kita tidak hanya memilih kado apa yang paling tepat tapi kita juga harus mempertimbangkan kapan kado itu akan diberikan, bagaimana penampilan Anda saat memberikan, bagaimana keadaan pasangan Anda dan hal-hal lainnya.
Kado yang biasanya diberikan disaat Valentine adalah kartu ucapan, bunga (valentine flower) dan coklat. Apapun yang Anda berikan kepada pasangan pasti akan memiliki arti.
Begitu juga dengan bunga dalam hal ini valentine flower. Ada berbagai macam jenis bunga dan setiap bunga memiliki arti tersendiri. Disaat Valentine’s day paling tepat adalah Mawar atau Ros karena Mawar memiliki arti ‘I Love You’.
Bunga Gladiol berarti ’sedang patah hati’, bunga Lily berarti ‘keinginan untuk memperbaiki hubungan’, bunga Violet berarti ‘tidak bisa kuterima cintamu.’
Bunga Mawar pun beraneka ragam jenis dan warnanya. Arti warna dari Bunga Mawar:
Merah : Cinta dengan rasa respect yang tinggi.
Kuning: Fleksibelitas, kebebasan.
Pink : Terima kasih dan rasa syukur yang mendalam.
Putih : Ketulusan cinta dan peduli dengan orang lain.
Di saat Valentine ini memilih bunga adalah pilihan tepat untuk mengungkapkan perasaan Anda, tak hanya melalui kata-kata namun warna bunga pun dapat berbicara. Karena warna bunga akan menunjukkan warna ‘hati’ Anda. Happy Valentine!